Mencoba Oli HDEO ( bagian 2 )

Hello zrriders

Melanjutkan artikel sebelumnya nih,, hehehe
Sebelumnya ane mau lanjut bahas jenisnya nih, untuk jenis mesin diesel dibagi menjadi 2, yaitu HDEO dan LDEO.
Untuk HDEO biasa digunakan untuk mesin diesel kelas berat kaya misal truk, caterpillar, dll. Klo yang LDEO untuk diesel kelas ringan, contohnya ane lupa,,hehehe😀

Caterpillar_6030FS_at_Hillhead_2012_-_IMG_1011

Sedangkan PCMO ya untuk mobil dengan mesin bensin.
Untuk contoh olinya sendiri ada 2 yaitu oli dinosaurus dan oli sintetis, ya sama lah seperti oli motor. Produk oli diesel antara lain meditran sx, fastron diesel, shell rimula r4x, mobil delvac mx, adnoc VS, kendall, dll. Untuk harga kisaran 45000 – ratusan ribu per liter. Ada juga kemasan 5liter dengan harga yang lebih murah, bahkan kemasan 1 Drum,,😀
Untuk PCMO juga sama, contohnya shell helix, prima xp, fastron techno, fastron gold, mobil 1, xado, dll. harga juga kisaran 35000 – ratusan ribu per liter, kemasan juga da yang 5 liter langsung.

Lah sekarang motor apa yg pake HDEO? motor apa yg pake PCMO?

Nah jawabanya adalah……..

Untuk motor bebek dan semprot pake HDEO, sedangkan matic pake PCMO. kenapa?
Karena eh karena motor bebek dan semprot itu pake kopling basah, sedangkan matic itu pake kopling kering.
karena kalo motor kopling basah pakai oli PCMO berakibat kopling bisa selip om, karena PCMO lebih licin.
Selain itu, pemilihan oli juga bergantung pada penggunan flat tapped / roler rockerarm dengan melihat API olinya, karena eh karena ditakutkan akan menggerus flat tappednya jika menggunakan oli untuk roller rockerarm.

BTW, oli diesel mempunyai deterjen yang kuat, sehingga bisa membersihkan kotoran dalam mesin makanya saat pertama kali menggunakan oli diesel diharuskan flushing dulu untuk motor yg sudah cukup berumur.

Nah apa itu flushing? Flushing adalah tindakan pembersihan bagian dalam mesin saat pertama kali menggunakan oli HDEO, selain untuk membuang kotoran juga untuk membuang oli bekas motor.

Lalu bagaimana tata cara flushing? oli apa yang jadi rekomendasi untuk flushing?

Stay tuned on next artikel…..:mrgreen:

#salam overstroke 57,9

SEKIAN

One thought on “Mencoba Oli HDEO ( bagian 2 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s