(TIPS) Selang hawa cegah overheat berlebih

Hello zrriders, kali ini mw ngasih tips untuk kesehatan kendaraan kita.😀

Ane mau ngebahas tentang selang hawa, bukan “selang”nya kaum hawa, tapi selang buat oli motor.

seperti yang kita tau, selang hawa oli tersambung ke box filter seperti ini..

posisi selang terpasang pada box filter

posisi selang terpasang pada box filter

Ketika box filter dibuka, pasti ditemukan kotoran di seperti oli, karena uap panas oli berhembus ke dalam box.

Lalu apa hubungannnya selang hawa dengan overheat?

Nah ane dapat pencerahan dari sumber terpercaya yang menerapkan trik ini.
tapi sebelum itu, cermati hal ini.
Berdasarkan uji coba, saat posisi langsam selang hawa menghembuskan udara panas, tetapi ketika di gas, selang hawa menyedot udara dari luar.
Dengan menggunakan sebuah logika, jika terpasang di box, udara panas akan terperangkap dalam box filter, dan akan disedot lagi sehingga cepat overheat karena menyedot udara panas yang terperangkap.

oleh karena itu ane melakukan trik ini, yaitu melepas selang dari dudukan di box filter..

posisi terlepas dari box filter

posisi terlepas dari box filter

sesuai logika, jika dilepas otomatis udara akan terbuang keluar, dan akan menyedot udara segar dari luar juga.😀
nah inget, hanya terlepas dari box filter, bukan di copot atau di tutup. (bahaya kalau ditutup)👿

ada sedikit testis gan😀

testimoni dari yang udah nerapin

testimoni dari yang udah nerapin

tapi ada hal negatif nya juga jika dilepas, yaitu :
-kotoran rentan / debu masuk kedalam sirkulasi oli
-belum teruji karena hanya menggunakan logika

oleh karena itu, sebelum dicoba, pahami dulu bagaimana resikonya, bagaimana keuntungannya.

Ane gak bertanggung jawab lohh😆

Kalo ane sih udah tak terapin selama 5 hari:mrgreen:

#salam overstroke 57,9

SEKIAN

47 thoughts on “(TIPS) Selang hawa cegah overheat berlebih

  1. sekedar pikiran bro cicak aja …. kalau kangbro pikir udara panas dari selang pernapasan jika ikut masuk ke dalam mesin mungkin efeknya ngak sampek nyebapin OVH ( over heating ) . soalnnya secara logika udara yang akan dihisap mesin pasti bercampur dengan udara dari luar filter yang suhunya sesuai dengan suhu lingkungan ( udara menjadi radak dingin ). dan ditambah bercampurnya udara dengan bahan bakar yang sifatnya dingin….

    gimana menurut kangbro masuk akal apa tidak pemikiran bro cicak ini😀

  2. Dulu tahun 2003 saya pernah nyoba di honda sonic. Efeknya sangat bagus, napas mesin tiap gigi jadi lebih panjang. Logikanya gini: udara panas dari mesin mengandung uap oli yang justru mengganggu pembakaran. Sejak saat itu, tiap punya motor baru, selang hawa yang nempel ke box filter selalu saya lepas. Oh ya, kalo buat mobil memang ada produk penampung uap oli sebelum dialirkan ke box filter. Gak tau kalo buat motor.

    • wah makasih bro atas testimoninya, tak masukin ke artikel😀

      iya juga sih, belakangan napas agak panjang, sama bro ane juga mikir pake logika, soalnya kan udara panas terperangkap di box, beda dengan udara luar yang fresh

  3. Jika dilepas dari boks filter bukannya malah bikin panas, karna tiada daya hisap sehingga panas di dalam mesin tidak tersalur melalui selang hawa, mirip katup saluran bensin yg keluar saat menarik gas ketika starting atau ngengkol, cmiiw

  4. Udah tak praktekin,tapi salah kayakne,la selang yg tk lepas palah selang pendek/pelampung bwat ngecek oli..hahahaha ,sya gnti selang dgn panjang 20cm..
    *maklum jaringan inet sering terganggu,pic tdk tampak

  5. Begini mas bro kang kakanda semua..
    Yang dibicarain itu emang bener, bikin napes motor jadi agak panjang, karena daya hisapnya berbeda dengan dipasangnya selang ke filter, terus soal debunya itu, ngga ada kendala buat si ZR tapi kalo ragu bisa di aplikasiin tutup olinya pake model racing yg ada selangnya.. Bereskan ??? Lagi pula sewaktu kita pacu speednya angin yg di hisap juga ga tau kotor atau bersihnya yakan.. Cuma ada kendala juga buat si ZR nih: oli bisa aja cepet kering ketika hawa panas masuk ke area dalam mesin dan itu pun belom hawa panas yg dihasilkan dari pembakaran.. Keuntungannya napes motor jadi panjang karena saya pengguna ZR buat Cornering😀 itu gigi 1 awal jalan bisa sampai 30/40 di spedometernya.. Gimana menurut kalian pengguna ZR..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s