Upgrade performa ZR : Kopling Manual

Hello zrriders, kali ini zrriders akan membahas kategori spesial Upgrade performa ZR : Kopling manual.
Selama ini kita mengetahui jika yamaha vega zr menganut kopling diafragma yg hanya menggunakkan 2 kampas kopling dan tanpa per kopling.

kopling model diafragma di klaim lebih rata dan halus saat pergantian gigi dan murah dalam perawatan. Tapi menurut q kurang nampol buat akselerasi. Emang sih biar lebih enak bisa pake kampas kopling karisma atau jupiter mx, tapi cuma berlak buat zr 2009 ke bawah.
Akhirnya q ingin mencoba masang kopling manual di vega zr q, tahap pertama q mencari blok kopling manual buat vega zr.
Terus ketemu tuh blok kopling di sebuah toko variasi dan speedshop di kota Tegal. Akhirnya deal deh blok kopling merk SND seharga 290ribu.

Setelah itu q browsing di internet sama tanya2 d forum roda2 biar lebih enak pake rumah kopling apa, ada yg nyaranin pake punya MX, ada jg yg nyaranin pake karisma. Akhirnya q beburu deh perangkat kopling mx.
Ternyata ada temen yg pake kopling mx tapi katanya harus di bubut dulu terus jg kurang enak, ah akhirnya q jadi ragu mw pake mx soalnya ribet, terus denger2 ada rumah kopling 6 per merk sys, q tertarik tapi harus beli online.
Akhirnya q beli tuh rumah kopling secara online di kaskus.

setelah menunggu di gua selama 5 hari, akhirnya sampe juga tuh barang,,
terus waktu q pulang ke Brebes langsung ke Bengkel buat masang tuh kopling.

Ternyata ribet juga loh.
Hari pertama masang di Bengkel Laras Motor, kopling bisa di pasang tapi terlalu berat buat di tarik. saklar lampu jga macet gara2 handel bawaan SND.
Hari kedua bongkar lagi di Bengkel AMS, kali ini motong 2 per bawaan SYS sama ganti 4 per yg lain pake ori jupiter mx.hasil lumayan
Hari ketiga bongkar lagi di rumah. setelah bongkar sana bongkar sini akhirnya ketemu juga masalahnya. ternyata masih alot karena letak kabel terlalu narik sama dudukan kabel kopling di blok terlalu ke dalem. Akhirnya di benerin sekalian masang handle kopling jupiter mx yg ada tempat spion bior g ngalangin saklar.

Alhamdulillah akhirnya jadi juga, buat tarikan juga mantap, di pake beberapa hari timbul masalah, ada oli yg merembes.
Setelah cek sana cek sini ternyata ada bagian blok yg retak, baru inget kalo dulu pernah di petok pake palu waktu d bengkel laras, mw komplain sayang udah lama👿 .
Alhasil daripada ntar tamah parah akhirnya di lem juga deh pake lem besi.

Setelah di lem Alhamdulillah rapet lagi tapi merusak penampilan blok kopling,,😦

Maaf yah kalo bahasanya berantakan,,:mrgreen:
Tetap sehat tetap semangat agar kita bisa tetap ngeblog ria.

152 thoughts on “Upgrade performa ZR : Kopling Manual

  1. mao jual bak SYS
    Kelengkapan
    – Hendle kopling
    – Seling
    – satelit
    – mangkok kopling
    – bak kopling
    – per kopling
    – prodo kopling
    – plat kopling
    Lengkap smw tinggal pasang ªjåђ
    Harga Rp. 500.000
    083899488755

  2. gan ane mau ty nie..,
    klo bkin kopling manual tpi house koplingx ttp pake yg bwaany dealer cm nant kampas koplingnya dganti tdr trus mataharinya tk dobleli. kira2 enak gk gan bt tarik2an..?

  3. Bro saya udah nyoba plat mataharinya saya pasang dobel di motor vega zr 2011
    setelah di pasang kok gk bisa di kopling ,
    mohon bantuannya agar bisa di pasang dobel n bisa di kopling

  4. Mohon penecerahanya gan . ane pakai Vega ZR tahun 2013 , nggak tau kenapa Koplingnya sekarang kasar gan . Selalu bunyi ” tak ” setiap oper gigi . sudah saya bawa ke dealer cuma di stel aja tapi masih tetep kasar . Mohon bantuanya gan yg punya saran .

  5. mas broo mau nanya saya suda pke rumah kampas sys tapi kok karet rumah kampas nya cpat skali kalah.,, gi mana tuh cara nya mas bro biar ngag cpat kocak karet rumah kampas nya.. mohon di bantu gan🙂

  6. assalamualaikum gan😀
    waktu itu sya juga masang kopling manual pake rmh kopling sys, tapi ko pas pake per kopling yg spaket sma rmh kopling itu, kaga “main” sih gan😀
    jadinya pake per klep buat sementara ..

    itu knp bisa bgtu gan ?😀 mohon sarannya ya .

  7. maaf mas ganggu
    saya mau nanya nihhh solusi ya gimana,saya kan uda makeq kopling tangan yg TDR,terus saya ingin ganti rumah kopling ya yg sys yg per,itu bisa gak kalo cman gnTI rumah ya aja???
    soal ya gak enak mkeq matahari kopling ya slipp jdi saya mau ganti rumah yaa aja

    kira2 bisa gak mas???
    mohon solusi ya

    • bantu jawab : bisa mas, tapi sebaiknya pakai rumah kopling yang ori jupiter mx 2009 ke bawah (yang 4 per ) namun harus di bubut lagi buat gantikan gigi primernya , klo yang mx kan besar jadi dikecilkan dibuat sama dengan vega ..
      hasilnya lebih mantap (pengalaman pribadi).

  8. bos numpang pencerahan , saya rencananya mau pasang kopling manual , lebih baik pakai rumah kopling apa ya ?
    1. klo yang SYS 6 per banyak yang komplain klo untuk mesin std harian jebol..
    2. klo bengkel anjurkan sih pakai yang jupiter mx tapi katanya
    harus ubah di gigi primernya ..

    mohon solusiNya.
    trims..

  9. Permisi gan saya mau tanya.
    Saya kan pake Vega zr 2011, pengen masang koopling manual nih, saya udah beli bak tdr tapi katanya masih belum bisa dipasang katanya harus ganti pake rumah koopli mx. nah bagusnya gimana tuh ?
    terus kalo mau pake sistim diagframa juga tetep harus ganti rumah kooplingnya pake yang 2009.

  10. Sudah beli 1 set koping manual tdr,tpi kata montir masih ada yg perlu di las,
    Maksudnya gmana bro.?
    Bukanya itu sudah lengkap ya.?
    Mohon infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s